Berkat Tungku Api Tornado, Mahasiswa Polbeng Lolos Pilmapres Tingkat Nasional
  • 01 Juli 2019
  • Admin

Berkat Tungku Api Tornado, Mahasiswa Polbeng Lolos Pilmapres Tingkat Nasional

Mahasiswa Berprestasi Terpilih tingkat Politeknik Negeri Bengkalis tahun 2019, Satrio Darma Utama, berhasil lolos penilaian tahap awal ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam pengumuman Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Mahasiswa (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi tertanggal 25 Juni 2019.

Dalam pengumuman tersebut, terdapat 30 finalis terpilih dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang lolos penilaian tahap awal, terdiri dari 15 mahasiswa program sarjana dan 15 mahasiswa program diploma. Mahasiswa Polbeng sendiri lolos kategori Program Diploma dan akan berangkat untuk mengikuti penilaian tahap akhir pada tanggal 23-26 Juli mendatang di Bogor, Jawa Barat.

Di acara final nanti, Polbeng akan bersaing dengan beberapa kampus ternama di Indonesia, diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Brawijaya, Politeknik Elektronik Negeri Surabaya dan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Sebelum keberangkatan, setiap peserta perlu melakukan beberapa persiapan diantaranya menyiapkan video perkenalan diri dan kampus dalam Bahasa Inggris serta persiapan untuk presentasi karya ilmiah yang juga akan dalam Bahasa Inggris. Satrio sendiri akan mempresentasikan karya ilmiahnya yang berjudul Tungku Api Tornado Berbahan Bakar Oli Bekas untuk Pemanas Boiler. Sampai saat ini, mahasiswa semester 6 Jurusan Teknik Mesin ini sedang mempersiapkan alat yang akan dipresentasikan pada acara final nanti.

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polbeng, Teguh Widodo, menyampaikan apresiasi beliau atas raihan prestasi mahasiswa ini.

"Ini pertama kalinya mahasiswa berprestasi Polbeng berhasil lolos sampai ke tingkat nasional. Mudah-mudahan kita bisa mendapatkan hasil maksimal," harapnya.

Beliau turut menambahkan pihak kampus akan terus mendukung persiapan mahasiswa ini agar siap untuk berkompetisi nanti.